Aksi penggalangan dana korban asap Riau telah dilaksanakan pada 15-17 Oktober 2015 lalu, di sekitar kampus Universitas Pakuan dan di luar kampus. Ide yang digagas oleh Adam, mahasiswa Ilmu Komunikasi semester satu itu diterima dengan baik oleh Himpunan Ilmu Komunikasi (Himni) sebagai wadah aspirasi mahasiswa Ilmu Komunikasi.

 

Kegiatan ini  dilakukan dengan hiburan permainan akustik, dengan harapan menarik perhatian masyarakat, khususnya mahasiswa agar tergerak hatinya untuk peduli kepada saudara-saudara kita yang terkena asap. Beberapa titik yang menjadi lokasi penggalangan yaitu, lampu merah Jalan Baru, lampu merah Warung Jambu, lampu merah Lodaya, lampu merah Marwan, dan Stasiun Bogor.

Adam sebagai Ketua Pelaksana memaparkan, yang membuat hatinya tergerak untuk melakukan aksi ini adalah terlalu banyak orang yang memposting #SAVERIAU atau  #PEDULIRIAU di akun sosial media, tetapi dengan hanya postingan itu menurutnya tidak akan mengubah situasi tanpa adanya aksi nyata. “Janganlah kamu berkata, tetapi kamu tidak melakukan hal itu,” tuturnya.

Menurut Apen Mulyana selaku Ketua Himni, ini adalah suatu langkah yang sangat bagus di mana kita sebagai mahasiswa, menjalankan Tri Dharma perguruan tinggi yang meliputi  pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. “Saya sangat mendukung program ini dan kami pun dari Himni memfasilitasi yang dibutuhkan oleh tim penggalang dana. Meskipun kegiatan ini di luar program HIMNI, tetapi yang namanya bencana itu tidak pernah direncanakan,” tambahnya.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat membuat para mahasiswa memiliki kepedulian dan memiliki jiwa sosial sebagai generasi penerus bangsa,” pesan Ridho selaku mahasiswa Ilmu Komunikasi semester 1.

Hal ini turut mendapatkan apresiasi dari Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi, Muslim, M.Si. Kegiatan penggalangan dana ini menurutnya dapat menumbuhkan rasa empati kepada orang lain. Sebagai makhluk sosial sudah sepantasnya kita peka dalam mengamati sekitar dalam membantu sesama, bukan hanya secara materi tapi juga keilmuan dan sebagainya. (Titin/Sasa)