KULIAH UMUM PRODI ILMU KOMUNIKASI FISIB UNIVERSITAS PAKUAN: “LET’S TALK ABOUT BRAND”
Di era digital saat ini, merek (brand) tidak hanya dipandang sebagai simbol atau logo suatu produk, tetapi juga sebagai representasi nilai, kepercayaan, dan hubungan antara organisasi dengan publiknya. Oleh karena itu, pemahaman tentang branding menjadi hal yang penting bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi yang kelak akan berkecimpung dalam dunia industri kreatif, media, maupun public relations. Melalui kuliah umum ini, mahasiswa diajak untuk menyelami bagaimana sebuah brand dibangun, dikelola, dan dikomunikasikan secara efektif kepada khalayak, baik melalui desain visual maupun storytelling dalam media audiovisual.
Acara ini di moderatori oleh Qoute Nuraini C, M.I.Kom. dan Pranti Zahrina serta menghadirkan dua narasumber profesional dari dua bidang yang berbeda namun saling melengkapi dalam dunia branding, yaitu Denis Nugraha - Professional Retail Designer, Sebagai seorang retail designer, Denis akan membagikan pengalaman dan keahliannya dalam merancang identitas visual yang kuat dan konsisten untuk sebuah brand, terutama dalam konteks ruang retail dan experience branding. Ia akan membahas bagaimana desain mampu mempengaruhi persepsi konsumen serta membangun koneksi emosional dengan brand.Ray Farandy Pakpahan - Film Director, Ray Farandy adalah sutradara film yang juga banyak terlibat dalam produksi konten visual kreatif untuk berbagai brand. Dalam sesi ini, Ray akan mengulas bagaimana storytelling visual, sinematografi, dan pendekatan naratif dapat menjadi alat yang sangat powerfull dalam menyampaikan nilai sebuah brand kepada audiens yang lebih luas.
Kuliah umum ini bertujuan untuk Memberikan wawasan praktis dan profesional terkait strategi pengelolaan merek, Menggali hubungan antara komunikasi visual, desain, dan storytelling dalam membangun brand yang kuat serta Mendorong mahasiswa untuk berpikir kreatif dan strategis dalam merancang identitas dan komunikasi merek.“Let’s Talk About Brand” bukan sekadar kuliah umum, tetapi forum inspiratif untuk membuka cakrawala berpikir mahasiswa dalam membangun, mengelola, dan menyampaikan nilai sebuah brand secara efektif dan autentik. Kegiatan ini menjadi bentuk nyata dari sinergi antara teori akademik dan praktik lapangan dalam dunia komunikasi modern.